Tuesday, May 3, 2011

Tips Bagi Ibu Hamil Penderita Diabetes

Berencana memiliki momongan, tetapi Ibu mengidap diabetes? Sebelumnya, kami sarankan untuk mencapai kadar gula darah yang sehat sebelum merencanakan kehamilan. Hal ini penting karena hiperglikemia dapat meningkatkan resiko keguguran atau cacat lahir pada bayi kelak. Ketika perempuan mempertahankan kadar glukosa dengan ketat sebelum masa kehamilan dan selama trisemester pertama, kemungkinan terjadinya malformasi atau cacat bawaan akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan wanita pengidap diabetes yang tidak menjaga kadar glukosanya.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memutuskan untuk memiliki momongan. Berikut beberapa tips kehamilan bagi calon Ibu yang mengidap diabetes:

1. Buat Rencana

Rencanakan sebaik mungkin kehamilan ini. Pilihlah dokter kandungan khusus yang sudah profesional dalam menangani kehamilan diabetes. Diabetes membuat tuntutan pada tubuh Anda unik: menyiapkan tempat bagi calon buah hati untuk mendukungnya hadir ke dunia sesehat mungkin.

2. Konsultasikan ke Dokter

Dokter dapat membantu menentukan apa yang saat ini mempengaruhi diabetes Anda dan merencanakan kehamilan yang tepat, termasuk mungkin memilih obat yang sebaiknya dikonsumsi. Dokter yang baik tentu juga akan mengingatkan Anda untuk tidak merokok, menghindari alkohol, memiliki pola makan yang baik, dan olahraga yang teratur. Mereka juga membantu Anda memantau setiap perkembangan yang terjadi, baik pada sang ibu maupun jabang bayi.

3. Tiga Kebiasaan Sukses

Perencanaan makan, olahraga, dan minum obat tepat waktu. Inilah tiga kunci sukses bagi kehamilan Anda! Dengan mulai merencanakan pola makan, Anda memulai sebuah lompatan besar bagi pengendalian gula darah. Perlu bantuan? Konsultasikan dengan ahli gizi. Sejumlah buku pun kini sudah tersedia untuk membantu Anda menyusun menu makanan yang sehat. Berolahraga mungkin memerlukan usaha keras untuk melakukannya secara teratur. Namun, ingatlah pada calon buah hati yang sedang Anda kandung. Ia harus terlahir sehat sehingga bisa memotivasi Anda untuk rajin berolahraga. Dengan selalu mengingatnya, Anda akan selalu memiliki kegiatan yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap berada di angka normal.

Buat sebuah sistem pengingat untuk diri sendiri agar tidak lupa meminum obat. Minum obat sesuai waktu yang telah ditetapkan membantu menjaga kadar gula darah.

4. Monitor Lebih Sering, Perlakukan Lebih Cepat

Kehamilan membuat tuntutan yang berbeda pada tubuh Anda dalam masalah penggunaan energi dan bisa membuat kadar gula darah berubah dengan sangat cepat. Karenanya, Anda perlu memeriksa kadar gula darah lebih sering. Jika Anda berada dalam kondisi gula darah rendah, konsumsi karbohidrat segera.


Sumber: http://sehatplus.com/

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 

Hidup Sehat